Cara Agar Windows 10 Hemat Kuota

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

https://ezradekai.my.id/ – Sejak Windows 10 dirilis, sudah banyak pengguna kalangan menengah ke bawah termasuk saya sendiri bahwa Windows 10 memang boros kuota. Dimana awalnya kuota untuk satu bulan hanya memakan waktu satu minggu saat menggunakan Windows 10, mungkin 2 minggu adalah yang terbaik. Jika Anda online setiap hari, seminggu sudah baik. Mengapa windows 10 membuang-buang kuota?

Karena Windows 10 update secara otomatis saat terkoneksi dengan internet. Secara otomatis fitur-fitur di Windows 10 akan update dengan fitur-fitur baru tentunya. Sistem kerja Windows 10 adalah pembaruan windows seperti pada fitur android. Misalnya saat Anda menginstal aplikasi di Android, entah itu beberapa minggu atau bulan, pasti ada pemberitahuan pembaruan atau pembaruan otomatis.

Begitu juga dengan Windows 10 kini seluruh fitur di dalamnya juga membutuhkan update secara berkala. Ketika windows 10 terhubung ke jaringan internet baik dari wifi atau lan maka otomatis update akan berjalan dan kita tidak mengetahui bahwa windows kita update secara otomatis karena proses update tidak muncul saat dijalankan. Mungkin pengguna baru Windows 10 yang memiliki kuota terbatas tidak akan tahu. Namun, dalam beberapa hari Anda akan tahu jika kuota tiba-tiba habis.

Ada beberapa hal yang admin coba terlebih dahulu untuk mengatasi cara agar Windows 10 Hemat Kuota. Mulai dari mematikan update otomatis di windows tapi cara ini belum membuahkan hasil. Setting windows otomatis re-update otomatis jadi cara mematikan windows update tidak jalan.

Ada satu cara agar windows 10 hemat kuota karena saya sudah mencoba cara ini sampai artikel ini di publish, saya masih menggunakan settingan ini dan terbukti kuota saya bisa sampai satu bulan kembali normal sebelum menggunakan windows 10 .Caranya sangat mudah dan sederhana. Kita tinggal mengaktifkan koneksi meteran pada jaringan atau wifi yang terhubung, koneksi meteran akan menghemat data kita bagi yang memiliki kuota terbatas.

Berikut Cara Membuat Windows 10 Menghemat Kuota Internet

  • Klik Windows
  • Lalu pilih Pengaturan
  • Lalu pilih Jaringan & Internet
  • Pilih menu Wifi atau Ethernet (Tergantung kamu pakai koneksi apa)
  • Selanjutnya pilih Kelola jaringan yang dikenal.
  • Pilih koneksi wifi (nama wifi) yang akan diatur klik lalu pilih Properti
  • Terakhir aktifkan (aktif) di menu Set as metered connection

Dengan mengaktifkan koneksi meteran berarti Anda mulai menghemat kuota internet Anda. Ada beberapa hal yang tidak aktif saat metered connection diaktifkan antara lain:

  1. Pembaruan Windows tidak diunduh secara otomatis. Agar data internet tidak habis sia-sia
  2. Aplikasi atau perangkat lunak default tidak secara otomatis memperbarui dirinya sendiri
  3. Fitur sinkronisasi ke windows 10 juga tidak mengunduh secara otomatis
  4. Dan beberapa hal yang diuntungkan dengan tidak mengaktifkan koneksi terukur.

Dari beberapa percobaan yang admin lakukan pada windows 10 dengan cara yang dijelaskan di atas, cara seperti di atas adalah yang paling berhasil dalam penerapannya. Jika hanya menonaktifkan windows update maka tidak bisa menghemat kuota karena dalam beberapa waktu status windows update yang tidak aktif akan otomatis menjadi update otomatis.

Mungkin pengalaman admin dalam menghemat kuota internet di windows 10 yang menghamburkan uang. Jika Anda memiliki pengalaman lain atau memiliki cara lain untuk menghemat kuota di Windows 10, Anda dapat membagikannya di sini.
Demikian ulasan tentang Cara Agar Windows 10 Hemat Kuota semoga bermanfaat.


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*