Cara Memakai DNS Custom Di Android

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Cara Memakai DNS Custom Di Android – Bagi Anda yang sering berkutat dengan sebuah teknologi dan sebuah internet pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah istilah Dns Custom. DNS Custom sendiri merupakan singkatan dari Domain Name System. Mengubah DNS Custom di smartphone Android ternyata mudah dilakukan.

Karena tidak perlu mendownload suatu aplikasi dari pihak ketiga, cara Memakai DNS Custom Di Android cukup dengan mengakses menu pengaturan di ponsel Android. Namun setiap orang pasti memiliki pilihan yang berbeda dalam mengatur DNS Custom untuk ponsel android ini.

Mengubah pengaturan DNS Custom Android atau pengaturan DNS Custom Android umumnya dilakukan ketika koneksi internet lambat, atau ketika Anda ingin membuka situs yang diblokir oleh ISP atau penyedia internet Anda. Namun sebelum membahas cara memakai DNS custom di android, mari kita bahas dulu apa itu DNS Custom dan fungsinya.

Apa itu DNS Custom?

DNS Custom adalah singkatan dari Domain Name Server, merupakan suatu sistem yang menghubungkan sebuah URL atau Uniform Resource Locator dengan sebuah IP Address atau Internet Protocol Address. Saat mengakses internet, Anda perlu mengetikkan Alamat IP situs web yang ingin Anda kunjungi. Langkah ini agak merepotkan, karena Anda diharuskan memiliki daftar alamat IP lengkap untuk situs web yang akan diketik secara manual.

Peran DNS Custom di sini adalah sebagai sistem yang berfungsi untuk meringkas pekerjaan, sehingga Anda tidak perlu repot mengetikkan IP Address dan hanya perlu mengingat nama domain website. Nanti DNS Custom akan bekerja menerjemahkan domain tersebut menjadi IP Address. Cara termudah untuk mengatur DNS Custom di Android adalah dengan melakukannya

Cara Memakai DNS Custom Di Android 8 Dan Di Bawahnya

Cara mengubah sebuah DNS Custom yang satu ini dipakai untuk sebuah Android versi 8 ke bawah atau sebuah sistem operasi Oreo dan dalam versi di bawahnya. Jadi metode ini mungkin akan berfungsi untuk Android 6 dan 7, tetapi mungkin ada beberapa langkah yang sedikit berbeda.

  • Pertama-tama buka setting atau pengaturan di Android.
  • Setelah itu buka menu Connection.
  • Klik opsi menu WiFi.
  • Klik jaringan WiFi yang ingin Anda ubah DNS Customnya.
  • Klik “ubah jaringan“.
  • Klik opsi menu “lanjutan“.
  • Setelah itu di layar HP akan ada beberapa pilihan, klik pilihan “statis“.
  • Selanjutnya atur DNS Custom yang ingin Anda gunakan. Misalnya Google DNS Custom, Anda dapat mengetik 8.8.8.8 untuk DNS Custom 1 dan 8.8.4.4 untuk DNS Custom 2.
  • Jika sudah, klik “simpan” untuk menyimpan sebuah perubahan yang dilakukan.

Jika kalian memakai Android 11 atau mungkin hp mu sama dengan hp admin yaitu Redmi Note 9, kalian bisa ikuti langkah-langkah seperti di artikel saya sebelum nya Trik Menghilangkan Iklan Di HP Redmi Note.

Kelebihan DNS Custom

Konsisten dalam Penggunaan

DNS Custom sangat konsisten terhadap hal mengenai penggunaan, karena dapat memakai nama DNS Custom yang sama meskipun ada perubahan alamat IP yang digunakan. Sehingga Anda tetap bisa mengunjungi sebuah website, meskipun website tersebut telah berganti alamat IP-nya.

Kemudahan Internet

Tentu akan lebih mudah untuk mengingat nama sebuah website bila dibandingkan dengan mengingat suatu angka-angka dari IP address. Sehingga peran DNS Custom bisa memberikan kemudahan berinternet bagi penggunanya.

Aman

Dengan memakai sebuah DNS Custom, segala aktivitas transfer data akan dilakukan lewat DNS Custom server sehingga keamanannya lebih terjaga. Sistem juga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti hacking oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mudah Dikonfigurasi

Ketika ada masalah dengan alamat IP yang diakses, Anda dapat dengan mudah mengubah alamat dengan memperbarui alamat IP yang cocok dengan data DNS Custom.

Kekurangan DNS Custom

Ada kelebihannya, tentu ada juga kekurangannya. Berikut Kekurangan DNS Custom yang Perlu Anda Ketahui!

  • Pengguna tidak dapat menggunakan terlalu banyak nama untuk mencari nama domain.
  • DNS Custom cenderung tidak konsisten.
  • Menerapkan DNS Custom cenderung tidak mudah.

Demikian ulasan tentang Cara Memakai DNS Custom Di Android semoga bermanfaat.


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*