Cara Membuat Titik Dua Lurus Dan Rapi – Microsoft Excel

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Titik dua merupakan elemen atau serangkaian elemen dalam tulis menulis yang mengilustrasikan atau memperkuat fokus pembaca suatu tulisan pada informasi yang disampaikan setelahnya. Biasanya, informasi yang disampaikan setelah tanda titik dua adalah serangkaian informasi penting yang menjadi inti suatu data yang sedang dibuat. Secara umum, kalimat yang disampaikan setelah tanda baca yang satu ini berbentuk pointer, yang terdiri atas poin-poin penting suatu data.

Banyak orang bingung menggunakan titik dua, tetapi fungsinya sebenarnya cukup mudah. Ia adalah tanda khusus yang menunjuk ke informasi penting setelahnya. Dalam bahasa Indonesia, tanda titik dua muncul setelah kata-kata dan kondisi seperti dibawah ini:

  1. Sebagai berikut:
  2. Berikut ini:
  3. Petikan kalimat langsung (contoh ia berkata:”ini milikku”).
  4. Dalam data singkat di excel, word, dan lain-lain. Misalnya pada data keuangan, data pegawai, dan data lainnya di excel.

Contoh penggunaan titik dua dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Ada tiga jenis otot dalam tubuh: jantung, otot badan, dan kerangka.

Namun, dalam tutorial kali ini, akan disampaikan cara membuat titik dua bukan dalam kalimat, akan tetapi pada data isian di kolom excel sebagai salah satu kebutuhan saat membuat data apapun.

Fungsi tutorial ini adalah untuk memudahkan membuat titik dua secara otomatis pada setiap kolom excel yang lurus dengan baris di atasnya, rapi, dan sesuai dengan ukuran cell tanpa mengetiknya secara manual. Hal ini sangat berguna bagi sobat yang berurusan dengan data excel, khususnya pada data yang pada kolom A-nya harus menggunakan titik dua. Misalnya data pegawai, rincian pengeluaran keuangan, dan lain sebagainya.

Berikut adalah langkah-langkah yang sobat bisa lakukan, yaitu:

Cara Membuat Titik Dua Lurus Dan Rapi – Microsoft Excel

  • Pada kolom A siapkan kata-kata dan data yang akan dipasangi tanda titik dua pada ujungnya, sesuai dengan jumlah isian data yang dibutuhkan. Misalnya A1 sampai A20.
  • Blok kolom A1 sampai pada A20 (sesuai dengan batas data isian).
Block kolom yang ingin dibuat titik dua otomatis
  • Klik kanan dan pilih Format Cell, lalu pilih Custom, hapus isian General pada type lalu ketikkan “@<spasi>*<spasi>:”, setelah itu klik Ok.
ketik seperti gambar ini

Jika setelah tombol Ok diklik muncul tanda pagar (#####) di salah satu baris kolom A, maka itu adalah tanda bahwa baris tersebut kurang lebar. Sobat hanya cukup melebarkan baris tersebut dengan menggeser tanda batas kolom A dan kolom B.

Jika lebar baris kolom sudah cukup untuk menampilkan semua tanda titik dua pada ujung isian kata-katanya, maka tanda pagar (####) tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Setelah langkah 1 sampai tiga di atas berhasil dengan baik sobat lakukan, maka selamat, karena titik dua otomatis akan muncul pada semua data yang sobat isikan pada setiap baris pada kolom A, tanpa harus membuatnya secara manual.


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*