Cara Menambah Kertas F4 Pada Printer & Word

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Kertas F4 atau yang disebut juga sebagai “kertas foolscap” atau “kertas folio” adalah kertas ukuran 210 mm × 330 mm (8,27 × 12,99 inci), Ukuran kertas F4 dari berbagai dimensi ditetapkan berdasarkan standar internasional.

Ada pula Ukuran kertas F4 non-standar yang umum ditemukan di Asia Tenggara. Ini adalah ukuran dengan sisi yang lebih pendek dari ISO A4 (210 mm) dan sisi yang lebih panjang dari British Foolscap (13 inci, 330 mm), kertas F4 ini juga kadang-kadang dikenal sebagai (kertas metrik).

Ukuran kertas F4 sudah didukung berbagai merk printer dunia. Meskipun demikian, Jika sobat akan mencetak sebuah dokumen dalam bentuk ms.word, excel, atau pun pdf, sobat perlu memastikan kesamaan kertas pada file yang akan dicetak, dengan menyesuaikan pengaturan kertas pada printer, serta dengan ukuran kertas yang ada dan siap digunakan pada tempat kerta di atas printer.

Hindari memasukkan ukuran kertas yang tidak sesuai dengan dokumen yang akan sobat cetak, sebab hal itu akan menyebabkan hasil cetakan printer terpotong tidak sempurna.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu sobat lakukan saat menambahkan kertas F4 pada printer, yaitu:

Mengubah Ukuran Halaman Menjadi F4 Pada Microsoft Word

Pilih tab Page Layout > More Paper Size > Masukan Ukuran 21,5 CM x 33 CM (ukuran standart F4).

Di menu ini, pilih Ukuran kertas dan klik ikon yang mewakili ukuran halaman yang sobat inginkan, yaitu F4. Jika sobat juga tidak melihat ukuran tersebut, klik custom dan Buat Ukuran Halaman Baru sesuai dengan ukuran resmi kertas F4, yaitu 8,27 x 12,99 inci atau 210 x 330 mm, atau dapat juga 21,0 x 33,0 cm.

Mengubah Ukuran Kertas Menjadi F4 Pada Printer

Printer yang sobat gunakan menentukan ukuran kertas yang bisa sobat cetak. Untuk memeriksa rentang ukuran kertas yang bisa dicetak printer sobat, lihat panduan manual printer sobat, atau lihat ukuran kertas yang disediakan otomatis pada pengaturan Printer sobat.

Untuk mencetak sebuah file dokumen dari ms.word pada printer, pastikan ukuran halaman pada file dan ukuran kertasnya sama. Jika sobat ingin mencetak file sobat pada ukuran kertas yang berbeda — misalnya, untuk membuat atau mencetak beberapa halaman hanya dalam satu lembar —, maka sobat hanya perlu mengubah ukuran kertas pada ms.word, sebagaimana langkah di atas. Yaitu dengan cara:

  1. Pada menu File, klik Print Setup.
  2. Dalam kotak dialog Print Setup, pada submenu Paper, pilih More Paper Size, masukan ukuran kertas F4 = 22×33 cm.

Untuk mendapatkan hasil print yang lebih bagus, sobat dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini:

Cara Merubah Pengaturan Printer Agar Hasil Pencetakan Berkualitas Tinggi

Jika sobat ingin merubah setelan printer sobat hanya untuk dokumen yang sedang sobat cetak, ikuti langkah-langkah di bawah ini seperti biasa. Namun Perlu diingat, metode ini tidak mengubah pengaturan default printer sobat, yang berarti bahwa hal Ini hanya berlaku pada dokumen yang sobat cetak saat menyetel pengaturan ini. Pada hasil print berikutnya, printer sobat akan kembali lagi menggunakan pengaturan default asli. Metode ini berfungsi untuk pengguna Windows dan Mac.

  1. Buka foto atau dokumen yang ingin sobat cetak
  2. Klik “File
  3. Klik “Cetak
  4. Klik “Properties“, “printer properties“, atau “preferences” pilih salah satu tombol mana yang ada pada menu printer sobat.
  5. Ubah ukuran kertas, jenis kertas, kualitas, dll.
  6. Ubah setting print quality dari standard ke high lalu tekan OK.

Cara Menambah Kertas F4 Pada Printer

Agar sobat tidak terus memasukan ukuran custom kertas F4, sobat bisa menambahkan ukuran kertas F4 pada printer sobat agar menjadi salah satu ukuran default pada printermu. Namun perlu di ingat mungkin beda tampilan apabila printer sobat beda dengan printer yang saya gunakan, karena beda printer tentu beda driver. Namu saya rasa langka-langkah nya hampir sama saja. Berikut cara Menambah Kertas F4 Pada Printer :

  • Klik Windows, Settings > Devices > Printers & scanners. Klik pada printer Epson (printer saya epson) yang telah terinstall kemudian klik Manage.

  • Pada jendela Manage your device pilih Printing preferences. Akan keluar jendela baru seperti pada gambar dibawah.

  • Pada poin 03 gambar di atas klik Size > User Defined. Akan keluar jendela baru User Defined Paper Size, seperti pada gambar dibawah.


Silakan isi Paper Size Name sesuai kebutuhan misal: F4 (Folio). Ubah Unit menjadi 0.01 cm, kemudian ubah Paper Width & Height sesuai ukuran F4 (21,0 x 33,0 cm). Jangan lupa klik Save untuk menyimpannya. Sekarang, sobat akan menemukan ukuran kertas baru ketika membuat dokumen baru baik itu pada Ms. Word atau ketika membuat dokumen baru pada Photoshop. Semoga bermanfaat…


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*