Cara Mengatasi Error Bookmark Not Defined – Microsoft Word

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Cara Mengatasi Error Bookmark Not Defined Di Microsoft Word – Pada Saat mengedit sebuah daftar isi di microsoft word, saya terkejut karena daftar isi yang sudah saya buat berjam-jam menampilkan pesan error bookmark tidak ditentukan.

Padahal file ini adalah tugas karya ilmiah saya yang harus segera diserahkan karena batas waktunya dan harus segera dicetak. Sebelumnya saya sudah convert word ke pdf. Saya menggantinya dengan alat word to pdf karena tidak sempat membuka laptop lagi dan memilih save as pdf.

Setelah mencari berbagai informasi kesana kemari, ternyata peringatan Error Bookmark tidak terdefinisi disebabkan karena link pada heading atau nomor halaman yang telah dibuat tidak dapat dikonversi ke format pdf.

Jadi jika ingin menyimpan sebuah file doc atau docx sebaiknya lebih berhati-hati dan copy file aslinya sebelum di convert ke format pdf. Nah, disini saya ingin sedikit membahas tentang masalah daftar isi. Yaitu Error Bookmark Not Defined di Word yang menyebabkan nomor halaman tidak terdeteksi.

Penyebab Error “Bookmark Not Defined” Ini Terjadi

Berdasarkan pengalaman kami, ada beberapa skenario berbeda yang memicu pesan kesalahan khusus ini terjadi termasuk:

  • Satu atau beberapa bookmark hilang: Dalam kebanyakan kasus, sebuah kesalahan terjadi akibat Microsoft Word bergantung pada bookmark untuk membuat suatu Daftar Isi untuk berbagai bagian.
  • Bookmark kedaluwarsa: Jika Anda bekerja sama dengan ToC semi-manual, kemungkinan entri Daftar Isi tidak akan diperbarui dengan secara otomatis kecuali Anda memberi lampu hijau untuk memperbaiki sebuah entri bookmark yang rusak. Untuk melakukan ini, Anda harus memilih TOC (Auto Fill) dan tekan tombol F9.
  • Entri bookmark rusak – Jika file .doc Anda yang berisi banyak tautan dapat memicu munculnya masalah ini, cara paling efisien yang memungkinkan Anda untuk menghilangkan masalah ini adalah dengan mengonversi seluruh TOC (Daftar Isi Otomatis) menjadi teks statis.

Solusi Perbaikan berikut ini, disampaikan oleh kami, ditulis berdasarkan sebuah pengalaman kami sendiri dalam memperbaiki error Bookmark tidak ditentukan ini, berikut adalah langkah-langkah perbaikannya:

Solusi 1: Menggunakan perintah Undo

Jika Anda mendapatkan sebuah kesalahan ini pada saat mencoba memakai sebuah TOC (Daftar Isi Otomatis) , kemungkinan satu atau beberapa bidang berisi sebuah tautan rusak yang mengarah pada bookmark. Jika Anda melihat Kesalahan! Bookmark Tidak Ditentukan. Setelah membuat TOC (Automatic Table of Contents) dan Anda belum menyimpan dokumen.

Anda bisa mengembalikan teks asli dengan mudah dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Z atau Undo segera. Setelah Anda menekan suatu tombol Undo, perbaiki link bookmark yang telah rusak dalam daftar isi sebelum mencoba mengonversi dokumen ke file PDF. Jika metode ini tidak bisa berhasil, lanjutkan ke metode berikutnya di bawah ini.

Solusi 2: Mengubah Daftar Isi Otomatis menjadi teks statis

Untuk mengonversi Tabel Isi Otomatis ini menjadi teks yang benar-benar statis, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih Daftar Isi dan tekan Ctrl + Shift + F9. Setelah itu seluruh daftar isi secara otomatis akan diubah menjadi sebuah teks statis yang dapat Anda edit sesuai keinginan.

Solusi 3: Mengganti bookmark yang hilang

  • Di dalam sebuah Word Anda, buka pada bagian Daftar Isi di mana sebuah error Bookmark yang tidak ditentukan akan muncul dan Klik kanan > Kemudian, pilih > Toggle Field Codes > dari sebuah menu konteks.
  • Setelah itu Anda akan melihat Field Code di belakang bookmark. HYPERLINK (atau PAGEREF). Pilih Sisipkan > Bookmark dan buat suatu bookmark baru dengan sebuah nama lama.

Entri seperti PAGEREF / HYPERLINK ‘Nama Bookmark’ menunjuk ke entri bookmark yang disisipkan seperti PAGEREF / HYPERLINK ‘Ref33958203840’ merujuk ke bookmark tersembunyi yang dibuat oleh dialog.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Error Bookmark Not Defined Di Microsoft Word semoga bermanfaat.


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*