Cara Mengatasi Error Code Out Of Memory di Hosting

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

https://ezradekai.my.id/ – Cara Mengatasi Error Code Out Of Memory, Pernahkah Kamu mengalami “Error Code Out Of Memory” pada keranjang terbuka? Masalah ini terjadi karena batas memori hosting Kamu tidak cukup untuk menjalankan kode php skrip situs web Kamu (misalnya mengunggah gambar berukuran besar, menghapus banyak produk, mengirim email secara massal, dll).

Apakah situs web Kamu terkena kode kesalahan Fatal Error Out Of Memory? Jika demikian, Kamu berada di artikel yang tepat. Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Kamu cara mengatasi kode dari kesalahan memori.

Contoh Kasus Error Code Out Of Memory :

Contoh pesan Error yang ditemui sebagai berikut:

Ukuran memori yang diizinkan 33554432 byte habis (mencoba mengalokasikan 20480 byte) Kesalahan ini disebabkan oleh penggunaan memori yang melebihi batas yang ditentukan. Untuk mengatasinya, Kamu bisa mengoptimalkan script website yang digunakan agar penggunaan memori lebih hemat. Namun, jika Kamu mengalami kesulitan dalam mengoptimalkan, Kamu dapat mencoba meningkatkan memory_limit.

Solusi Mengatasi Fatal Error Out Of Memory

Terapkan salah satu solusi berikut ini untuk meningkatkan sebuah batas dari memori hosting PHP Kamu menjadi 64MB, 128MB, 256MB atau 512MB tergantung pada kebijakan penyedia hosting. Namun, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu tentang masalah ini dengan penyedia hosting Kamu, untuk membantu menyesuaikan batas memori.

  • Edit file php.ini di cpanel hosting Kamu (jika server mendukung php.ini): memory_limit = 128M
  • Atau letakkan kode berikut untuk file .htaccess di cpanel hosting Kamu (jika server mendukung .htaccess): php_value memory_limit 128M

Jika terkadang Kamu mendapatkan kesalahan ini dan solusi di atas tidak berhasil, hubungi penyedia hosting Kamu. Di sebagian besar shared hosting, ada memory_limit maksimum. Jadi Kamu tidak bisa mengatur batas memori 64 Mb atau apa pun jika secara default server mendapatkan maksimum 32 Mb.

Tingkatkan memory_limit pada cPanel (Shared Hosting & Cloud Hosting)

  • Masuk ke cPanel Hosting
  • Di cPanel terdapat 2 fitur untuk mengatur versi PHP yaitu MultiPHP Manager dan Select PHP Version, silahkan gunakan Select PHP Version.

  • Jika sebelumnya Kamu memakai MultiPHP, akan muncul tombol use php selector untuk beralih ke PHP Selector. Centang nama domain, lalu klik tombol Use PHP Selector dan pilih versi php yang akan digunakan.

  • Masuk ke tab Options, lalu pada bagian memory_limit, klik dropdown untuk memilih sebuah nilai memory_limit yang ingin digunakan

  • Sampai disini Kamu sudah berhasil merubah nilai memory_limit pada Hosting menggunakan cPanel melalui menu Select PHP Version.

Perhatikan bahwa jika fitur Pilih Versi PHP tidak tersedia di cPanel Kamu, silakan hubungi dukungan teknis untuk solusi pengaturan memory_limit yang digunakan.

Meningkatkan Memory_Limit Pada Cpanel Atau VPS Non Panel

Pada layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting yang sudah dijelaskan sebelumnya terdapat fitur Select PHP Version karena menggunakan CloudLinux. Pada layanan VPS, Kamu bisa menggunakan sebuah fitur MultiPHP INI Editor untuk mengatur batasan php (termasuk memory_limit). Sedangkan untuk VPS Non Panel, Kamu dapat mengubah memory_limit melalui SSH.

Meningkatkan Memory_Limit Pada Plesk Panel (WordPress Hosting)

Untuk pengguna layanan WordPress Hosting, Panel yang digunakan adalah Panel Plesk. Kamu dapat login ke Panel Plesk dan kemudian mengubahnya melalui menu Pemilih PHP. Hampir sama seperti dalam cPanel, akan ada pilihan dari nilai memory_limit yang akan digunakan. Nah, tips di atas bisa dilakukan dengan catatan Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia hosting Kamu untuk membantu mengatur batas memori yang cocok.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Error Code Out Of Memory semoga bermanfaat.


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*