Komputer

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected – Masalah dari Flashdisk Write Protected biasanya terjadi pada saat kita proses memasukkan suatu file ke dalam flashdisk atau pada saat memformatnya dengan pesan error bertanda FlashDisk write protected. Masalah ini tidak hanya terjadi pada flashdisk tetapi juga pada SD Card dan Micro SD.

Dalam kondisi itu kita hanya dapat membuka dan membaca file-file di dalamnya tanpa dapat menambah, mengedit atau menghapusnya. Bahkan flashdisk tidak bisa diformat karena terproteksi tulis. Dengan keterbatasan suatu fungsi tersebut tentunya bisa menghambat pekerjaan, apalagi jika hal ini terjadi saat kita membutuhkannya untuk menyimpan file.

Dalam kondisi itu kita hanya dapat membuka dan membaca file-file di dalamnya tanpa dapat menambah, mengedit atau menghapusnya. Bahkan flashdisk tidak bisa diformat karena terproteksi tulis. Dengan keterbatasan suatu fungsi tersebut tentunya bisa menghambat pekerjaan, apalagi jika hal ini terjadi saat kita membutuhkannya untuk menyimpan file.

Bukan rahasia lagi bahwa Flashdisk memiliki peran penting dalam menunjang pekerjaan kita sehari-hari dengan komputer. Dengan Flash kita bisa memindahkan file dari komputer atau dari flashdisk ke komputer. Terlepas dari jenis file seperti foto, video, lagu, dokumen, dll. Mereka disertakan, kita dapat menyimpannya dalam sekejap. Hebatnya lagi, flashdisk bisa kita bawa kemana-mana, sehingga banyak orang memilih flashdisk sebagai media eksternal untuk menyimpan data.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Kita pasti akan kesal jika Flashdisk hanya dapat memindahkan sebuah file dari Flashdisk ke komputer atau laptop saja. Kita memang tidak bisa memindahkan data dari komputer atau laptop ke flashdisk. Jika kita memindahkan sebuah file dari komputer ke Flashdisk, file tersebut akan ditolak dan laporan “write protected” akan ditampilkan.

Saat menggunakan flash drive, terlepas dari apakah Anda memindahkan file dari komputer, Anda menghapus file dalam memori flash, hingga format flash, yang hanya menampilkan peringatan “flash drive write protected”. Artinya kemampuan menulis ke flashdisk diblokir (protection).

Dibalik ukuran flashdisk, terkadang kita menemui masalah yang salah satunya adalah case “read only”. Kami tidak bisa menggunakan Flashdisk seperti Flashdisk biasa. Aktivitas kami diblokir karena tidak mungkin mentransfer sebuah data dari komputer ke flash.

Anda tidak bisa menghapus file di flashdisk, jadi flashdisk juga tidak bisa diformat. Oke, sekarang mari kita bahas tentang cara Mengatasi Flashdisk read-only. Di sini saya membaginya menjadi tiga opsi, dan ternyata masih ada opsi lain. Tapi sementara itu dan takut artikelnya akan terlalu panjang, saya pertama-tama membahas tiga opsi.

Melalui “Mode Aman (Safe Mode)”

Cara mengatasi flashdisk yang tidak bisa di format adalah dengan safe mode. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara beralih ke mode aman? Jika Anda tidak tahu, lakukan kegiatan berikut:

  • Restart komputer atau laptop Anda.
  • Ketika komputer atau laptop restart atau ketika BIOS komputer diterbitkan dan sebelum logo Windows muncul, tekan tombol F8 pada keyboard. Jika Anda khawatir tentang logo Windows, tahan F8 dari komputer atau laptop yang rusak.
  • Kemudian pilih Safe Mode dan Enter. Memilih Safe Mode Anda dapat menggunakan panah atas dan bawah pada keyboard.
  • Setelah komputer berhasil masuk ke Windows, format Flashdisk dengan cara klik kanan flashdisk dan klik Format. Untuk mempercepat proses pemformatan, pilih metode format cepat. Tunggu dan jika muncul pesan “Format complete”, format flash berhasil.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected!

Welcome! It looks like you're using an ad blocker. That's okay. Who doesn't? But without advertising-income, we can't keep making this site awesome.