Cara Mengetahui Komputer Kita Support Windows 11 atau Tidak

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Cara cek komputer kita support dengan windowss 11 atau tidak – seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa waktu lalu sempat beredar kabar burung bahwa microsot telah merilis sebuah OS barunya yang diberina nama WINDOWS 11. Perilisan windows 11 sekarang bukan sekedar kabar burung lagi, walau pihak microsoft belum secara resmi merilis nya secara retail MSDN, tetapi saat ini telah beredar veri DEV BETA Preview yang dimana siapapun dapat mencoba dan merasakan bagaimana rasanya memakai windows 11 ini namun tentu bukan dalam versi final nya & tentu masih banyak terdapat bug terhadap windows 11 ini.

Masalah yang paling sering dialami Ketika akan mencoba windows 11 ini, muncul peringatan bahwa System Requirement Tidak Support atau tidak mendukung, lalu bagaimana sebernarnya system requirement computer yang dibutuhkan agar bisa meng-install windows 11 ini?

Saya yakin hampir kalian semua sudah menantikan OS baru karya mbah Microsoft satu ini, maka dari itu saya berikan cara bagaimana mengetahui bahwa komputer kita bisa atau tidak memakai windows 11 ini?

System requirements Windows 11 :

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or System on a Chip (SoC)
  • RAM: 4 gigabyte (GB)
  • Storage: 64 GB or larger storage device
  • System firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
  • Graphics card: Compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
  • Display: High definition (720p) display that is greater than 9” diagonally, 8 bits per colour channel

Secara resmi microsoft memberikan informasi bahwa system requirement yang dibutuhkan untuk meng-install windows 11 seperti diatas, namun ada yang berbeda dari biasanya yaitu diperlukanya “Trusted Platform Module (TPM) version 2.0“. Masalahnya tidak semua komputer / pc / laptop memiliki settingan “TPM” ini, sehingga Ketika kita mencoba untuk menginstall Sistem Operasi Windows 11 Dev Preview ini banyak yang mengalami kegagalan di bagian System requirement tidak di dukung.

Trusted Platform Module (TPM) sendiri merupakan chip yang menyimpan encryption key dan credentials seperti data username dan password, biasanya terpasang pada motherboard atau prosesor pada computer kita.

Untuk cara cek computer kita bisa atau tidaknya menjalankan windows 11 ini, caranya cukup mudah :

  • Download File PC Health Check Official Microsoft
  • Setelah download silahkan kalian install dan jalankan di computer kalian
  • Akan ada informasi yang menandakan bahwa computer kalian support untuk install windows 11 atau tidak


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*