Cara Print Out Tanpa Terpotong – Microsoft Excel

Cara print tanpa terpotong
Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Hallo semua, kali ini saya ingi share buat kalian yang masih awam banget pakai excel. Pasti kalian bingung waktu pertama kali print dokumen – dokumen dari excel yang hasilnya kok berantakan.
Excel memang sedikit berbeda tampilan Ketika kita akan print out sebuah dokumen, settingan kertas nya pun tampilan nya beda banget dengan Microsoft word. Jika Microsoft word kita bisa setting kertas pada Layout > Size kemudian pilih ukuran kertas yang kita inginkan, atau jika ingin setting F4 kita bisa ke Layout > Size > More paper size kemudian tinggal atur kertas berapa cm sesuai ukuran f4.
Mengatur Kertas Pada Ms Word

Jika kamu mencoba nya di Microsoft excel seperti Langkah – Langkah di atas, kamu akan melihat menu seperti dibawah ini:
Mengatur Kertas Pada Ms Excel

Tentu kalian bingung kan, saya dulu juga bingung banget sebenarnya gimana cara nya sih, akhirnya saya mencoba untuk cari caranya di mbah google sampai ketemu, dan sekarang setelah saya tahu saya ingin membagikan caranya melalui web kecil saya ini. Oke, gak perlu Panjang – Panjang lagi, berikut cara print document Microsoft excel tanpa terpotong :

Cara print tanpa terpotong Di Microsoft Excel

  • Pertama block semua area yang ingin agan print, lalu masuk pada menu Page Layout > Print Area > Set Print Area. Sebagai contoh saya akan print di kertas F4.

1 - Cara print tanpa terpotong

  • Sekarang kita coba lihat hasil print nya dengan menekan CTRL + P. Seperti yang terlihat disini menjadi 2 page / terpotong Sebagian. Sedangkan saya ingin ini hanya menajdi 1 lembar.

2 - Cara print tanpa terpotong

  • Agar menjadi hanya 1 lembar nanti saat di print, kamu bisa mengatur nya dengan cara pergi ke menu VIEW > Page Break Preview, kemudian tampilanya akan seperti gambar dibawah ini

3 - Cara print tanpa terpotong

  • Nah kamu tinggal geser garis biru putus – putus ke kanan hingga hanya menjadi 1 page seperti gambar dibawah ini

4 - Cara print tanpa terpotong

  • Sekarang Tinggal CTRL + P dan lihat hasilnya, yap jika hanya sudah menjadi 1 page berarti sudah sesuai keinginan saya bahwa saya ingin print out dokumen ini hanya menjadi 1 lembar tanpa terpotong.

5 - Cara print tanpa terpotong

Nah, sekarang kamu sudah bisa deh print tanpa terpotong sesuai dengan ukuran kertas yang kamu inginkan.
Untuk cara menambahkan kertas F4 pada printer, mungkin akan saya share di lain waktu kalau saya lagi gak mager buat ngetik hahaha.

Oke sampai disini dulu tutorial singkat dari saya, semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan membantu kalian semua para pembaca. Sampai jumpa di artikel-artikel lainya…


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*