Tips Jitu Mengatasi Masalah Windows 10 Error

Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Hallo semua, kali ini saya akan memberikan 8 Tips buat kamu yang mengalami error pada windows 10.

Trubleshoot Otomatis

Perlu kamu ketahui bahwa windows 10 memiliki fitur perbaikan masalah blue screen secara otomatis. Fitur ini dapat kamu buka melalui menu Control Panel > Security And Maintenece.
Pada menu maintenece akan muncul pesan untuk cek solusi masalah setelah terjadinya blue screen. Tekan tombol Check Fot Solutions dan tunggu rekomendasi perbaikan dari windows, di sarankan saat melakukan ini kamu sedang terhubung ke internet, system akan melakukan pengecekan terhadap masalahmu pada hardware dan software.

Gunakan System Restore

Fitur System Restore pada windows ini dapat kamu gunakan apabila sebelumnya kamu sudah pernah membuat restore point sebelumnya.
Fitur ini akan mengembalikan windows 10 mu ke kondisi awal sebelum terjadi nya blue screen, jika Langkah ini kamu gunakan dan masalahmu teratasi, berarti penyebab error pada windows mu adalah di software.

Kenali Kode / Pesan Error

Selanjutnya yang kamu harus perhatikan adalah pesan error. Kamu harus cari tahu apa sih sebenarnya penyebab masalah error pada windows 10 mu, jika kamu saja tidak mengenali penyebab nya bagaimana kamu mencaro solusi nya bukan?
Temukan kode atau pesan error pada saat terjadinya blue screen, misalnya terdapat kode error 0x00000002 atau pesan “HAL_INITIALIZATION_FAILED”.

Lakukan searching terkait pesan error mu melalui Mbah google atau grub2 facebook, cari tahu penyebab masalah terjadi nya error pada windows mu. Biasanya banyak para netizen berbagi solusi atas kejadian yang mereka alami dan kebetulan sama dengan yang apa kamu alami.

Instal Driver yang Update

Bisa jadi penyebab terjadinya error pada windows mu adalah ulah bug driver mu. Kadangkala penyebab blue screen adalah terdapat bug pada driver hadware yang dirilis oleh vendor. Jika terdapat driver terbaru dari vendor, maka lakukan update driver untuk mengatasi blue screen.

Namun apabila driver yang anda gunakan sudah paling update, maka lalukan rollback dan gunakan driver yang lebih lama yang sebelumnya tidak bermasalah. Bisa jadi kamu pakai yang terbaru malah ada bug nya, ini sering terjadi… jadi kamu harus hati – hati.

Cek Virus / Malware dalam Sistem

Jika windows mu terkena malware, mungkin ini bisa menjadi penyebab error dari windows 10 mu. Dikarenakan malware yang sifatnya berjalan di background dalam sistem mu dapat mengakibatkan windows 10 mu tidak stabil.

Coba lakukan scaning secala menyeluruh menggunakan anti virus terbaru dan terupdate untuk mengetahui adanya malware atau virus lainya yang dapat mengakibatkan windows 10 mu mengalami blue screen.

Windows Safe Mode

Jika windows mu sering muncul peringatan blue screen setiap kali kamu mencoba menyalakan pc mu, coba masuk windows safe mode. Dengan masuk safe mode windows mu akan memuat driver – driver yang sekira nya penting saja.
Nah setelah masuk safe mode coba lakukan pengecekan driver yang sekira nya menjadi penyebab windows mu menjadi error blue screen.

Cek Hardware

Hardware pc mu jika kotor atau ada kerusakan, ini juga bisa menjadi penyebab windows mu error blue screen.
Coba kamu cek RAM, Baterai, Hardisk, coba lepas dan bersihkan kemudian pasang kembali. Karena jika ram kotor ini bisa menjadi penyebab terjadinya blue screen, sedangkan hardisk jika memang sudah berumur kemungkinan bad sektor.
Jika ini terjadi pada hardisk mu, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru, selagi data-data mu masih bisa di selamatkan.

Install Ulang Windows

Jika dirasa tidak ada yang cocok dengan solusi di atas, kamu bisa melakukan langkah akhir ini dengan cara meng-install ulang windows mu.
Yang penting kamu selalu backup dulu semua data penting mu sebelum melakukan install ulang windows.

Problem blue screen secara umum jarang terjadi. Namun kalau kejadian hal yang demikian menimpamu, jangan panik ikuti 8 tips menuntaskan komputer blue screen pada windows 10 diatas dan semoga problemmu bisa


Kamu Suka Artikel Ini? Bantu Share ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*